Proses Perencanaan & Manajemen Ritel
Dalam memilih retail store, pembeli mempertimbangkan banyak hal. Faktor yang
diperhatikan adalah yang berkaitan dengan kebutuhan ekonominya. Di lain pihak kebutuhan
emosional (seperti gengsi) juga kadangkala mempengaruhi pilihannya.
Faktor-faktor
ekonomi yang relevan dalam memilih retail store antara lain meliputi:
1)
Harga.
Ada retail store yang memasang harga mati seperti
supermarket dan departement store) dan ada pula yang menetapkan harga fleksibel
atau dapat ditawar (seperti discount store).
2)
Kemudahan
Kemudahan parkir, bisa cepat pergi setelah membayar, dan
mudah mencari barang yang diinginkan (meliputi proses menemukan, membandingkan,
dan memilih).
·
Kualitas produk yang ditawarkan.
·
Bantuan wiraniaga.
Apakah harus swalayan, membantu ecara pasif, atau membantu
secara aktif.
3)
Reputasi
Kejujuran dan kewajaran dalam jual beli
4)
Nilai yang ditawarkan
Yaitu perbedaan total customer value dan total customer cost.
Total customer value adalah sekumpulan manfaat yang diharapkan pelanggan dari
produk dan jasa, meliputi product value (misalnya keandalan, daya
tahan/keawetan, unjuk kerja), service value (penyerahan barang, pelatihan,
instalasi, perawatan, reparasi), personnel value (kompeten, responsif, empati,
dapat dipercaya), dan image value (citra perusahaan). Sedangkan total customer
cost terdiri dari harga yang dibayarkan, biaya waktu, biaya tenaga, dan biaya
psikis.
5)
Jasa-jasa khusus yang ditawarkan.
Pengiriman barang gratis, pembelian kredit dan bisa
mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar