Senin, 10 Oktober 2011

BANJIR



PROSES TERJADINYA BANJIR
            Luapan atau genangan air di daratan yang mengakibatkan terbenamnya suatu permukaan sehingga kita sebagai manujsia tidak bisa melakukan kegiatan apapun di daratan tersebut. Tentunya banjir tidak mungkin terjadi dengan sendirinya, melainkan ada factor ataupun akibat-akibat yang menimbulkan banjir itu sendiri. Banjir bukanlah bencana yang datangnya dari alam, tetapi banjir merupakan bencana alam yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil masyarakat setempat.
               Ada tiga faktor sangat berpengaruh penyebab banjir terjadi. Pertama kerusakanlingkungan, hal ini ditandai peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi (pemanasan global). Faktor kedua adalah sistem pengelolaan lingkungan. Pengelolaan lingkungan semakin berpengaruh terhadap kehadiran bencana banjir, seiring dengan kecenderungan semakin meningkatnya wilayah perkotaan. Pertambahan jumlah penduduk, terutama di wilayah perkotaan.
Faktor ketiga adalah perilaku manusia ini merupakan yang lebih penting dari kedua faktor diatas. Perbedaan antara desa dengan kota, selain dilihat dari tingkat kepadatannya adalah pola hidup. Orang di desa lebih mampu bersahabat dengan alam sekitarnya sedangkan di kota seringkali tidak menghiraukan aspek lingkungan.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar