Senin, 10 Oktober 2011

ILMU ALAMIAH DASAR



PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR

            Pada dasarnya pengertian ilmu alamiah dasar (IAD) adalah suatu ilmu pembelajaran mengenai masalah alam dan isinya. IAD sebenarnya merupakan ilmu yang dapat dipelajari secara logis tetapi tetap realistis, membutuhkan evaluasi dan ekserimen untuk mengetahui benar atau tidaknya proses alamiah tersebut. Seperti contohnya apabila kita ingin mengetahui bagaimana proses pertumbuhan seekor ayam maka kita harus mengikuti dari ayam tersebut masih didalam telur sampai ayam itu menetas.

Dalam konsepnya ilmu ini bisa dipelajari dengan mudah, dapat mempelajari apapun yang berkaitan dengan kealamiaan, seperti pertumbuhan makhluk hidup, tata surya, proses hujan dan lain-lain. IAD sebenarnya merupakan pembelajaran yang sangat luas karna membicarakan peristiwa alam yang nyata yang pada dasarnya berbeda satu dengan yang lainnya. Membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembentukan atau eksperimen.

Karena IAD merupakan ilmu dasar maka kita berbicara secara menyeluruh atau umum. Apabila ingin berbicara secara lingkup kecil bisa membaca buku-buku filsafat tentang masing-masing ilmu alam. Contoh ilmu alam yang sederhana adalah pertumbuhan manusia dari awal sampai akhir, proses perputaran tata surya,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar