Kamis, 24 November 2011


PROSES TERBENTUKNYA BUMI
               Bumi merupakan suatu planet satu-satunya yang dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Planet yang kita tempati ini pastilah memiliki suatu sejarah pembentukannya, pada kali ini saya akan membahas tentang terbentuknya planet Bumi. Setelah bertahun-tahun kita tinggal didalam planet ini apakah anda pernah berfikir untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan Bumi ini ?? Dalam pembentukan planet Bumi ada beberapa teori yang menggambarkan poses terbentuknya Bumi dari sekian banyak teori ada beberapa teori terpopuler dalam proses terbentuknya Bumi diantaranya :

a.      Proses alam Endogen
               Tahukah kamu bahwa bumi yang kita pijaki ini tenyata berjalan-jalan dengan kecepatan beberapa cm per Tahun ? Pergerakan tersebut tidak terasa oleh kita, namun pergerakan tersebut menyebabkan perubahan muka bumi. Pernahkan kamu melihat permukaan Jalan yang amblas ? Jalan amblas ialah contoh adanya pergerakan dalam bumi. Pergerakan tersebut disebabkan oleh tenaga yang berasal dari dalam bumi yang disebut tenaga Endogen.
Dengan demikian dapat disimpulkan didalam bumi kita ini tersimpan sumber energy. Dari manakah energy itu berasal ? Energi itu berasal dari dalam Inti bumi, karena didalam Inti bumi terdapat energy panas yang melimpah.

LAPISAN INTI                     : Mengandung mineral cairan besi dan nikel 4500°C
LAPISAN ASTENOSFER     :Merupakan lapisan kedua bersuhu 2000-4000°C(mineral & magnesium)
LAPISAN LITOSFER           : Lapisan yang lebih kental bersuhu < 2000°C (Lapisan Matel Bumi)
KERAK BUMI                      : Mengandung mineral dan alumunium

           
b.      Proses Alam Eksogen
               Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar bumi yang berpengaruh terhadap permukaan bumi. Tenaga eksogen dapat menyebabkan relief permukaan bumi berubah. Proses perubahan bumi dapat berlangsung secara mekanis,biologis, maupun secara kimiawi. Tenaga Eksogen ini menyebabkan terjadinya pelapukan,erosi,gerak massa batuan, dan sedimentasi yang bersifat merusak bentuk permukaan Bumi. Bumi telah terbentuk kira-kira 4.600.000.000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tatasurya dengan matahari sebagai pusatnya.
               Perkembangan perubahan tetumbuhan diawali oleh tumbuhan batu, tumbuhan berujung, dan terakhirtumbuhan berbunga. Sedangkan pertumbuhan hewan dimulai dari invertebrate, ikan, amfibi, reptilian, burung dan mamalia, kemudian barulah muncul manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar