Jumat, 25 November 2011


TATA SURYA
               Apabila kita mendengar kata tata surya pastilah kita berfikir tentang benda-benda langit dengan seluruh pernak-pernik didalamnya dari mulai planet,bintang,asteroid,komet, dan lain sebagainya. Pada hakikatnya tata surya merupakan kumpulan benda-benda langit yang satu pusaran yaitu matahari sebagai titik pusat dari seluruh benda langit dan semua planet-planet yang mengitarinya termasuk bumi tempat kita bertempat tinggal.
               Planet yang dulu kita ketahui ada 9 tetapi karna pergerakan yang begitu terus menimbulkan perubahan makan planet sekarang tinggal 8 diantaranya Merkurius,Venus,Bumi,Mars,Jupiter, Saturnus,Uranus,Neptunus Sejajk pertengahan 2008 ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Orbit planet-planet kerdil kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet tersebut ialah; Ceres,Pluto,Haumea,Makemake,Eris.
               Enam dari kedelapan planet dan tiga dari planet kerdil dikelilingi oleh satelit alam. Masing-masing planet bagian luar dikelilingi oleh cicin planet yang terdiri dari debu dan planet lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar