Minggu, 08 Januari 2012


Proses Terjadinya Gerhana Bulan
            Fenomena alam yang sering terlihat oleh mata kita adalah fenomena alam gerhana bulan. Pada jaman dahulu peristiwa Gerhana Bulan selalu diidentikkan dengan hal-hal mistis dan disebut dengan peristiwa Bulan Sakit oleh para nenek moyang kita dahulu. Padahal sesungguhnya gerhana bulan merupakan peristiwa alam karena pergerakan seluruh isi alam semesta pada garis edar atau orbitnya masing-masing.
                Alam semesta ini terdiri dari milyaran objek benda-benda langit termasuk tempat yang kita diami yaitu bumi. Semua objek yang ada tidak pernah saling berbenturan antara satu dan yang lain, karena masing-masing objek tersebut beredar atau berputar mengelilingi orbitnya. Benda-benda langit tersebut seperti, bulan, bintang, dan planet-planet yang ada tidak pernah melenceng 1 cm  pada saat  sedang mengelilingi orbitnya.
                        Jika posisi Bumi berada ditengah-tengah posisi antara Matahari dan bulan, sehingga sinar matahari tertutup oleh bumi dan tidak sampai ke bulan maka peristiwa ini disebut dengan peristiwa Gerhana Bulan. Tetapi jika sebaliknya bulan yang berada ditengah-tengah posisi antara matahari dan bumi sehingga sinar matahari tertutup oleh bulan maka peristiwa ini di namakan gerhana matahari.
            Proses Terjadinya Gerhana Bulan
Gerhana Bulan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar