Minggu, 08 Januari 2012


BEBERAPA CONTOH PENGOBATAN HERBAL

                Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi. Mungkin Anda ingat iklan Tolak Angin yang dibintangi oleh dr. Laula Kamal yang dikatakan telah di uji pra-klinik di laboratorium beberapa universitas.
·         LABU AIR
           
            Kandungan dan Manfaat : Mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin C. Labu air terkenal bersifat mendinginkan, karenanya baik sekali dimakan oleh penderita demam Kegunaan :
     1.    Demam,Tifus
            Cara I : Labu air diparut, lalu diperas untuk diambil airnya. Minum air ramuan ini 3x sehari,             masing-masing sebanyak ½ gelas
Cara II : Makan rebusan buah labu
     2.    Flu
            4 jari labu, 1/3 genggam bayam ditumbuk, sambil diberi ½ gelas air. Peras dan saring, lalu beri         sedikit jeruk nipis. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 3 sendok makan
     3.    Sariawan
            Sama dengan resep no.1. Airnya jangan langsung diteguk, tapi dipakai untuk kumur-kumur dahulu.
·         KEMANGI

            Kandungan dan Manfaat : Daun kemangi mempunyai daya penenang dan mengeluarkan gas-gas dari tubuh. Daunnya juga sering dipakai untuk bumbu hidangan daging ataupun ikan.
Kemangi mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain.
Kegunaan :
1. Panu
            Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.

2. Diare dan Muntah
            Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.
3. Sariawan
            50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 - 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
4. Bau Nafas, Bau Mulut
            Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
5. Bau Keringat
            Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.


1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus