Perilaku
Konsumen adalah
Menurut
Engel : Tindakan yang langsung
terlibat untuk mendapatkan, mengkomsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Menurut
London dan Bitta : Proses pengambilan
keputusan yang mensyaratkan aktivitas individu untuk mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan atau mengatur barang dan jasa.
Menurut
Kotler dan Amstrong : Perilaku
pembelian konsumen akhir, baik individu maupun rumah tangga, yang membeli produk
untuk komsumsi personal.
Ruang
Lingkup Perilaku Konsumen/PSikologi Konsumen:
ü Perilaku
konsumen menyoroti perilaku individu dan rumah tangga
ü Perilaku
konsumen menyangkutproses keputusan sebelum pembelian sertatindakan dalam
memperoleh, memakai, mengkomsumsi, dan menghabiskan produk
ü Perilaku
konsumen meliputi perilaku yang dapat diamati seperti jumlah yang dibelanjakan,
kapan, dengan siapa, dan bagaimana barang yang sudah dibeli dikomsumsi. Juga
termasuk variable-variabel yang tidak diamati seperti ilai-nilai yang dimiliki konsumen, kebutuhan
pribadi, persepsi, bagaimana mereka mengevaluasi alternative, dan apa yang
mereka rasakantentang kepemilikan dan penggunaan produk yang bermacam-macam
ü Tidak
hanya membahas bagaimana konsumen mendapatkan dan menghabiskanbarang dan jasa
tetapi juga membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen:
1. Faktor
Kebudayaan, antara lain
ü Kultur
adalah faktor penentu paling pokok dari keinginan dan perilaku seseorang.
ü Subkultur
adalah kelompok orang dengan sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan
situasi hidup yang sama
ü
Kelas sosial adala susunan yang relatif
permanen dan teratur dalam suatu masyarakat yang anggotanya mempunyai nilai,
minat, dan perilaku yang sama.
2. Faktor
sosial, antara lain
ü Kelompok
rujukan/acuan adalah kelompok yang merupakan titik perbandingan atau tatap muka
atau tak langsung dalam pembentukan sikap seseorang.
ü Keluarga,
terdiri dari: keluarga orientasi (keluarga yang terdiri dari orang tua yang
memberikan arah dalam hal tuntutan agama, politik, ekonomi, dan harga diri)
& keluarga prokreasi (keluarga yang terdiri atas suami-istri dan anak)
ü
Peran dan status adalah posisi seseorang
dalam tiap kelompok. Peran membawa status yang mencerminkan penghargaan umum
oleh masyarakat.
3. Faktor
pribadi, antara lain:
ü Usia
dan taha[ daur hidup, kebutuhan dan selera seseorang akan berubah sesuai dengan
usia dan pembelian ditentukan oleh tahap daur hidup keluarga
ü Pekerjaan
ü Keadaan
ekonomi sangat mempengaruhi pilihan produk
ü Gaya
hidup menunjukkan pola kehidupan seseorang yang tercermin dalam kegiatan,
minat, dan pendapatnya.
ü
Kepibadian (karakteristik psikologis
yang unik yang menimbulkan tanggapan relatif konstan terhadap lingkungannya
sendiri) dan konsep diri (citra diri seseorang)
4. Faktor
psikologis, antara lain:
ü Motivasi
yaitu suatu dorongan akan kebutuhan yang cukup menekan seseorang untuk mengejar
kepuasan
ü Persepsi,
yaitu proses dimana individu memilih, merumuskan, dan menafsirkan masukan
informasi untuk menciptakan suatu gambaran
ü Proses
belajar, yaitu perubahan dalaperilaku seseorang yang timbul dari pengalaman
ü
Kepercayaan (pengetahuan, pendapat atau
sekedar percaya yang akan membentuk citra produk dan merek) dan sikap (yang
menuntun orang untuk berperilaku secara relatif konsisten terhadap objek/produk
yang sama)
Perbedaan
perilaku konsumen, perilaku pembeli, dan perilaku pelanggan:
ü Perilaku
konsumen: perilaku pada orang yang belum melakukan pembelian hanya sampai
desakan yang membangkitkan tindakan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya.
Dan mencari informasi tentang produk dan jasa yang dibutuhkan sampai melakukan
evaluasi alternative yang berupa penyeleksian
ü Perilaku
pembeli: perilaku pada orang atau konsumen yang sudah sampai pada tahap keputusan
untuk membeli
ü Perilaku
pelanggan: perilaku sesudah pembelian dimana membeli lagi atau tidak tergantung
dari tingkat kepuasan yang di dapat dari produk dan jasa. Dan perilaku
seseorang yang selalu melakukan transaksi pada satu tempat dimana awalnya ia membeli
Psikologi
konsumen disebut sebagai perilaku konsumen, karena:
Hal-hal yang dipelajari dari konsumen adalah
berkaitan dengan perilakunya. Dimana perilaku merupakan hal-hal yang dipelajari
dalam psikologi. Maka psikologi konsumen disebut juga perilaku konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar